Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL)

Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL) - Hallo sahabat Ruang Gratis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Adfly, Artikel url shortener, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL)
link : Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL)

Baca juga


Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL)

Seperti asal usul katanya, Short yang memiliki arti pendek atau singkat, dan URL (Uniform Resource Locator) yang bisa di artikan sebagai lokasi/alamat sebuah halaman website. URL Shortener secara sederhana bisa diartikan sebagai alamat website (URL) versi singkat. Sementara itu, dalam pengertian yang lebih kompleks seperti yang diungkapkan oleh wikipedia, URL shortening (Shortener URL) merupakan teknik di World Wide Web di mana Uniform Resource Locator (URL) dapat dibuat secara substansial lebih pendek dan masih mengarahkan ke halaman yang dibutuhkan.

Contoh URL Biasa dan URL Singkat
Halaman website (URL) sangatlah beragam, misalnya saja saya ambil salah satu halaman dari website pelajarterbaik.com, yaitu halaman berikut ini : https://www.pelajarterbaik.com/2012/01/cara-aman-cek-saldo-bni-di-internet.html. URL tersebut merupakan sebuah URL yang panjang, dimana jika anda melakukan klik halaman tersebut, maka anda akan dibawa kepada salah satu artikel di blog pelajar terbaik, yaitu artikel yang membahas tentang Internet Banking BNI.

Sebuah URL yang panjang memiliki banyak kekurangan, diantaranya adalah kesulitan uintuk ditulis manual, susah di ingat atau juga sulit dibagikan karena karakter yang dimiliki terlalu banyak (tweet twitter misalnya). Oleh karena itulah dikembangkan URL shortener atau URL yang lebih pendek, yang pada dasarnya masih tetap menuju ke halaman website yang sama. Disini saya mencontohkan short URL menggunakan google short URL. Silahkan anda coba klik URL pendek dibawah ini, lalu lihat kehalaman mana anda akan dibawa. Bandingkan dengan URL panjang yang saya bagikan di atas : URL Pendek : http://goo.gl/st1kKU

Google URL Shortener

Dari kedua URL di atas bisa kita lihat bahwa URL panjang maupun URL pendek, pada akhirnya akan membawa kita kepada halaman yang sama. Alamat URL yang pendek tentu memiliki beberapa keunggulan seperti mudah ditulis ulang (bukan copi paste), serta memiliki karakter yang lebih sedikit sehingga menghemat ruang/karakter ketika hendak di bagikan.

URL Shortener Gratis dan Dibayar
Situs URL shortener (Pemendek URL) sebenarnya sangatlah beragam. Jika pada contoh di atas saya menggunakan Google URL shortener, maka situs-situs URL shortener yang lain misalnya saja shorte.st, adf.ly, goo.gl, bit.ly, tki.me, tinyurl.com, asso.in, p6x.net, x61.ch, shorl.com, cli.gs, decenturl.com, ho.io, is.gd, moourl.com, myurl.in, ow.ly, qt.vc, snipurl.com, tiny.cc, url.ie, sht.io, tr.im, y2u.be, bit.do, mcaf.ee, gg.gg, kro.co, de.tk, miniurl.com, yourls.org, linkgw.tk, pendek.in, tiny.cc, vizzy.us, dewaurl.com.

Dari sekian banyak situs di atas, ada yang merupakan URL shortener gratis, ada juga yang URL shortener membayar (mereka membayar kita). URL shortener yang gratis (misalnya google URL shortener) biasanya memiliki ciri dimana ketika kita klik link pendek tersebut, kita akan segera dibawa ke halaman tujuan. Contoh : http://goo.gl/st1kKU.  Sementara untuk URL shortener yang membayar, ciri khas nya adalah sebelum di bawa ke alamat tujuan, kita biasanya akan dibawa terlebih dahulu ke halaman situs mereka. Dimana untuk mencapai situs tujuan tersebut, umumnya kita harus melakukan SKIP (Lewati) atau SKIP AD (Lewati Iklan). Contoh dari URL shortener yang membayar ini misalnya saja URL dari shorte dan adfly. Shorte : http://sh.st/SCsAI  Adfly : http://adf.ly/1b7z99.

Tampilan Situs adfly

Jika kalian melakukan klik pada link shorte dan link adfly yang saya bagikan di atas, maka saya sebagai pemilik link (yang membagikan), akan medapatkan bayaran. Sementara anda sendiri sebagai orang yang melakukan klik, tidak akan membayar (mengeluarkan uang) sedikitpun. Besar bayaran yang saya terima sebenarnya sangatlah kecil, mungkin hanya setara dengan Rp 1 sampai dengan Rp 4, untuk tiap kliknya. Jadi, ya memang sangat kecil sekali. Apalagi jika seandainya tidak ada yang klik link nya. Mau sebanyak apapun link yang kita pendekan, jika tidak ada yang mengunjungi (klik) maka kita tetap tidak akan mendapat apa-apa.

Baca Juga :




Demikianlah Artikel Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL)

Sekianlah artikel Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL) dengan alamat link https://ruangpelajarangratis.blogspot.com/2016/06/apa-itu-url-shortener-pemendek-url.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apa Itu URL Shortener (Pemendek URL)"

Posting Komentar